Iklan

Iklan

a

a

Tuesday, May 6, 2014

Uji Jatuh (Drop Test)

    Pada dasarnya, metode pengujian ini digunakan untuk memaparkan bahaya-bahaya potensial yang ada yang akan timbul dari penggunaan yang normal atau kerusakan atau perlakuan yang dapat diperkirakan akan terjadi pada mainan dan barang yang diperuntukkan anak-anak kelompok umur tertentu. Jika suatu barang ditandai, diberi label, diiklankan atau dengn cara lain diperuntukkan anak-anak yang usianya lebih dari salah satu kelompok usia tersebut, maka barang tersebut akan diuji dengan persyaratan yang paling berat.
    Pengujian akan diterapkan pada contoh yang baru/belum pernah diuji kecuali pengujian regangan yang akan dilakukan dengan contoh yang sama yang dipakai dalam uji puntir.
Jumlah berapa kali mainan harus dijatuhkan dan tinggi juga sudah ditentukan. Mainan harus jatuh dalam orientasi acak.
    Dijatuhkan dalam berbagai orientasi dan lakukan pengamatan setiap kali selesai uji jatuh.
Permukaan tumbukan harus terdiri dari ubin vinil komposisi sekitar 3 mm tebal diletakkan di atas nominal beton paling sedikit 64 mm ketebalan. Ubin harus memiliki kekerasan (80+- 10) Shore A dan permukaan tumbukannya harus sekurang-kurangnya 0,3 m2.
    Untuk mainan dioperasikan dengan baterai, baterai yang direkomendasikan harus ditempat selama dilakukan uji jatuh. Jika tidak ada jenis spesifik baterai dianjurkan, baterai terberat yang umumnya tersedia harus digunakan.

Golongan umur                    Jumlah kriteria        Banyaknya dijatuhkan          Ketinggian penjatuhan
Di bawah 18 bulan                      <1,4                             10                                          138 -+ 5
Di atas 18 bulan tapi                    <4,5                             4                                            93 -+ 5 
di bawah 96 bulan

Setelah dijatuhkan, mainan dibiarkan berhenti dan diperiksa dan dievaluasi. Tentukan apakah mainan masih sesuai dengan persyaratan yang relevan dari pasal 4.

No comments: