Iklan

Iklan

a

a

Monday, May 12, 2014

Uji fleksibilitas logam dan kawat (uji lentur)


Prinsip
Pengujian ini dilakukan terhadap setiap komponen mainan yang mengandung kawat logam ataau bahan logam lainnya, yang berfungsi untuk membuat kaku atau mempertahankan bentuk jika komponen tersebut ditekuk melewati lengkung 60° oleh kekuatan maksimum sesuai klasifikasi usia dan parameter uji perlakuan kasar misal untuk usia di bawah 18 bulan, 4,55 kg tegak lurus pada poros utama komponen pada titik 5 cm dari perpotongan komponen dengan badan utama mainan, atau di ujung komponen tersebut panjangnya kurang dari 5 cm.
Peralatan
Penjepit baja caliber 13 dengan radius dalam 0,95 cm dan catok pemegang klem penjepit yang sesuai.
Prosedur
  • Mainan ditempatkan dalam penjepit yang dilengkapi pelindung jepit terbuat dari baja canal caliber 13 atau bahan serupa yang mempunyai radius dalam 0,95 cm komponen kemudian ditekuk melewati lengkung 60° oleh tekanan sesuai klasifikasi usia dan parameter uji perlakuan kasar misal untuk usia di bawah 18 bulan.
  • Pada titik yang terletak 5 cm dari perpotongan komponen denganbadan utama mainan atau pada ujung komponen jika panjang komponen kurang dari 5 cm. setelah itu komponen ditekuk ke arah berlawanan melewati lengkung 120°C.
  • Proses ini diulangi untuk 30 siklus dengan ketentuan 1 per 2 detik dengan masa istirahat 60 detik setelah setiap 10 siklus. Dua lekukan lengkung 120° akan merupakan 1 siklus.
Cara menyatakan hasil
  • Bila contoh yang diuji tidak rusak/patah/sobek/pecah maka dinyatakan lulus.
  • Bila contoh yang diuji tidak rusak/patah/sobek/pecah lalu dilanjutkan ke uji kecil/uji runcing/uji tajam dan bila masih memenuhi persyaratan maka dinyatakan lulus.
  • Bila contoh yang diuji tidak rusak/patah/sobek/pecah lalu dilanjutkan ke uji kecil/uji tajam dan ada diantaranya tidak memenuhi maka dinyatakan tidak lulus.

No comments: