Iklan

Iklan

a

a

Wednesday, January 8, 2014

Rembug Warga Tahunan (RWT) BKM Hidup Sejahtera

Selasa, 7 Januari 2014


Rembug Warga Tahunan (RWT) kali ini tentang laporan pertanggungjawaban dari pengurus BKM Sejahtera tahun 2013 desa Karangdukuh, Jogonalan, Klaten.
BKM Sejahtera mempunyai  visi “membangun kebersamaan dan kepedulian serta membantu warga miskin desa Karangdukuh”
Sebelum acara berlanjut, ada sedikit sambutan dari Kepala Desa, Bp. Iriyanto. Beliau menyampaikan beberapa hal, diantaranya adalah mengapresiasi kerjasama pengurus BKM dengan pemerintah desa. Bahwa dalam pelaksanaan program BKM tak luput dengan dukungan dari pemerintah desa Karangdukuh.
Beliau juga menyampaikan beberapa oleh-oleh atau informasi dari hasil pertemuan kepala desa se-Indonesia di Jakarta, diantaranya:
1.       Pada anggaran Negara tahun 2015, 10% diserahkan ke desa di seluruh Indonesia secara langsung melalui rekening desa.
2.       Masa jabatan kepala desa bisa 3 kali periode, baik secara berturut-turut atau tidak.
3.       Pengisian posisi Sekdes dikembalikan dengan cara lama, yaitu dipilih melalui proses intern desa. Atau dengan kata lain Pilsekdes siapapun warga dari desa tersebut bisa mencalonkan diri untuk kemudian dipilih melalui proses pemilihan.
4.       Perangkat desa mendapatkan gaji tetap sesuai UMR di setiap daerahnya. Adapun tanah bengkok merupakan tambahan hasil bagi perangkat desa.
 Kembali ke topik BKM, bahwa pelaksanaan program dan kegiatan dilaksanakan dengan mengalokasikan dana PNPM-MP yang berbentuk BLM pada tahun 2013, sebesar Rp200.000.000. Tahap I sebesar 60% yaitu Rp120.000.000 dan Tahap II sebesar 40% yaitu Rp80.000.000.
Beberapa program yang dilakukan adalah sebagai berikut:
1.       Pembangunan fisik dan lingkungan Tahap I
a.       Jamban keluarga
b.      Pemasangan listrik
c.       Rumah tidak layak huni (RTLH)
d.      Rabat beton
e.      Peningkatan kapasitas (pelatihan usaha)      
2.       Pembangunan fisik Tahap II
a.       Peresapan
b.      Aspal
c.       Talud
d.      Listrik
3.       Bidang social
a.       PMT balita miskin
b.      Pelatihan montir desa
4.       Bidang ekonomi bergulir

No comments: